Tautan-tautan Akses

Taliban Klaim Tewaskan 9 Pejuang ISIS-K


Sejumlah militan ISIS yang menyerahkan diri kepada pemerintah Afghanistan ditampilkan ke media di Jalalabad, Provinsi Nangarhar, Afghanistan, 17 November 2019. (Foto: Parwiz/Reuters)
Sejumlah militan ISIS yang menyerahkan diri kepada pemerintah Afghanistan ditampilkan ke media di Jalalabad, Provinsi Nangarhar, Afghanistan, 17 November 2019. (Foto: Parwiz/Reuters)

Taliban pada Sabtu (22/10) mengatakan pasukan khususnya telah menewaskan sembilan pejuang ISIS dan menangkap dua lainnya dalam penyerbuan semalaman di Ibu Kota Afghanistan, Kabul, dan tempat lain di Afghanistan.

Zabihullah Mujahid, juru bicara pemerintah Taliban, mengatakan bahwa informasi intelijen membantu pasukan keamanan menemukan sebuah "tempat persembunyian penting Daesh" di Kabul pada Jumat (21/10) malam. Daesh adalah nama lokal dari afiliasi ISIS di Afghanistan yang bernama ISIS Khorasan atau ISIS-K.

Mujahid mengatakan baku tembak menewaskan enam militan dan seorang anggota pasukan keamanan Taliban. Penyerbuan itu terjadi tak berapa lama setelah pasukan keamanan menangkap dua anggota penting ISIS-K dalam operasi terpisah di bagian lain Kabul, katanya tanpa memerinci.

Secara terpisah, Kementerian Dalam Negeri Afghanistan yang dipimpin Taliban mengatakan pada Sabtu (22/10) bahwa "berdasarkan intelijen yang solid," pasukan keamanan semalam menyerang tempat persembunyian ISIS-K di Provinsi Takhar, yang berbatasan dengan Tajikistan.

Penyerbuan di distrik Dasht Qala itu menewaskan tiga anggota Daesh, termasuk seorang komandan "penting," kata pernyataan itu.

Mujahid mengklaim bahwa keenam pria Daesh yang tewas di Kabul terkait dengan dua pengeboman bunuh diri baru-baru ini di kota itu. Salah satunya mengenai sebuah pusat pendidikan, dan yang lainnya mengenai sebuah masjid.

Hingga kini, belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas kedua serangan itu. [vm/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG