Tautan-tautan Akses

Taliban Klaim Dewan Penasihat Sepakati Gencatan Sementara


Pasukan keamanan Afghanistan memeriksa sebuah mobil yang berisi bahan peledak yang disita dari seorang anggota kelompok pemberontak Taliban di Jalalabad, Afghanistan, 10 Desember 2019.

Dewan Penasihat Taliban, Minggu (29/12), sepakat untuk memberlakukan gencatan senjata sementara di Afghanistan. Dengan demikian, kata pejabat kelompok pemberontak itu, ada peluang untuk penandatanganan kesepakatan damai dengan Amerika Serikat. Mereka tidak mengatakan kapan gencatan senjata dimulai.

Sebuah gencatan senjata dituntut oleh Washington sebelum persetujuan perdamaian bisa ditanda-tangani. Kesepakatan damai akan memungkinkan Amerika Serikat memulangkan pasukannya dari Afghanistan dan mengakhiri keterlibatan Amerika di sana yang sudah berlangsung selama 18 tahun. Ini adalah keterlibatan AS paling lama dalam perang di luar negeri.

Amerika Serikat menuntut janji dari Taliban bahwa Afghanistan tidak akan digunakan sebagai basis untuk kelompok teroris. Amerika saat ini menempatkan sekitar 12 ribu pasukan di Afghanistan. [jm/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG