Tautan-tautan Akses

Taliban Dilaporkan Tewaskan 65 Tentara Pemerintah Afghanistan


Asap mengepul dari lokasi serangan bunuh diri kedua di kantor polisi, Kabul, Afghanistan, 9 Mei 2018. (Foto: dok).

Pemberotak Taliban dilaporkan menewaskan lebih dari 65 tentara pemerintah dan memperluas wilayahnya dalam serangan baru di seluruh Afghanistan dalam dua hari ini.

Pertempuran di provinsi Farah di bagian barat Afghanistan dan provinsi Zabul di bagian selatan pecah hari Kamis dan Jumat ketika pemberontak menyerang pos-pos keamanan terpencil di daerah-daerah ini.

Sumber keamanan mengukuhkan kepada VOA hari Sabtu (12/5) bahwa pemberontak larut malam menyerbu daerah Arghandab, Zabul, menewaskan 22 orang polisi dan melukai 12 lainnya. Sumber tersebut menambahkan pemberontak juga merebut tiga pos keamanan tetapi tidak memberi keterangan lebih jauh.

Wakil gubernur provinsi, Rehmatullah , mengukuhkan pertempuran di daerah itu, dengan mengatakan pasukan Afghanistan telah memulai serangan balasan untuk memukul mundur pasukan pemberontak.

Di samping itu, Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan bahwa pemberontak tadi malam menyerang markasbesar pasukan di provinsi Farah dalam usaha pemberontak untuk merebutnya. Pertempuran sengit yang menyusul kata kementerian itu menewaskan 16 tentara pemerintah dan beberapa luka-luka sementara 45 militan Taliban yang menyerang juga tewas.

Seorang juru bicara Taliban mengklaim laskarnya menewaskan 27 tentara pemerintah dan merebut pos terpencil yang besar, senjata dan sejumlah besar peralatan. [gp]

Recommended

XS
SM
MD
LG