Tautan-tautan Akses

Dihambat Taliban dan ISIS, 1,2 Juta Anak Afganistan Tak Dapat Vaksinasi Polio


Seorang anak menerima vaksinasi polio dalam kampanye anti polio di Kabul, Afghanistan.
Seorang anak menerima vaksinasi polio dalam kampanye anti polio di Kabul, Afghanistan.

Lebih dari 1 juta anak-anak Afghanistan, khususnya di daerah-daerah yang dilanda konflik di negara itu, tidak mendapat vaksinasi polio pada 2018 karena tindakan-tindakan yang dilakukan Taliban dan militan ISIS, kata pejabat kesehatan Afghanistan kepada VOA.

"Secara keseluruhan, 1,2 juta anak tidak mendapat vaksinasi di negara itu," kata Dr.Gula Khan Ayoubi, direktur urusan publik dari program imunisasi massal di Kementerian Kesehatan Masyarakat Afghanistan kepada VOA.

"Harapan tahun ini adalah menurunkan jumlah itu menjadi sekitar 200.000 anak-anak. Sekitar 200.000 anak lainnya tinggal di daerah di mana kehadiran kelompok teror ISIS kuat dan tidak mengizinkan vaksinasi."

"Secara keseluruhan, provinsi selatan Zabul, Kandahar, Helmand, Uruzgan dan provinsi timur, Kunar paling terimbas penolakan Taliban," kata Ayoubi menambahkan.

Afghanistan, Pakistan dan Nigeria adalah tiga negara di dunia di mana polio masih belum sepenuhnya diberantas dan terus mengancam kehidupan jutaan anak.

Pada 2018, Afghanistan memiliki kasus polio terbanyak di antara ketiga negara, dengan 21 kasus dilaporkan di seluruh negeri.

Para pejabat Afghanistan mengatakan pertempuran sengit, kerusuhan, Taliban, ISIS dan kelompok-kelompok bersenjata lainnya menjadi hambatan utama di daerah-daerah yang sulit dijangkau di Afghanistan selatan, tenggara dan timur. [my]

XS
SM
MD
LG