Tautan-tautan Akses

Taliban Afghanistan Langsungkan Pembicaraan dengan Iran


Wakil Menlu Iran, Abbas Araghchi memberikan keterangan kepada media (foto: dok).

Iran mengukuhkan bahwa sebuah delegasi Taliban mengunjungi Teheran dan membahas usaha-usaha untuk mengakhiri perang di Afghanistan yang telah berlangsung 17 tahun.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Ghasemi mengatakan, Senin (31/12), delegasi itu tiba, Minggu (30/12), dan bertemu Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araghchi. Taliban, yang jarang mengunjungi Iran, tidak segera mengeluarkan komentar terkait pertemuan di Teheran tersebut.

Ghasemi mengatakan, kedua pihak membahas isu-isu keamanan yang ditujukan untuk memajukan proses perdamaian di Afghanistan. Ia menambahkan, pemerintah Afghanistan mengetahui kunjungan tersebut. Menurut Ghasemi, Iran berusaha mencari tahu apakah Teheran bisa membantu dalam usaha mewujudkan perdamaian di Afghanistan.

Pembicaraan tersebut bukan yang pertama kali antara para pejabat Taliban dan para pejabat Iran. Ali Shamkhani dari Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran mengukuhkan pekan lalu di Kabul bahwa pembicaraan-pembicaraan seperti itu sudah beberapa kali berlangsung pada masa lalu dan akan terus berlanjut. Ghasemi mengatakan, Iran berusaha memfasilitasi pembicaraan antara pemberontak dan kelompok pemberontak itu dan pemerintah Afghanistan.

Taliban baru-baru ini melangsungkan pembicaraan dengan perwakilan-perwakilan sejumlah negara di kawasan itu di tengah-tengah rencana AS menarik mundur setengah dari 14.000 tentaranya dari Afghanistan. [ab]

XS
SM
MD
LG