Tautan-tautan Akses

Takut Covid-19, Pedagang Pakistan Tawarkan Hewan Kurban Online 


Iklan penjualan hewan kurban di depan kantor pemesanan hewan kurban daring "Alamgir Welfare Trust" menjelang Idul Adha, di tengah pandemi Covid-19 di Karachi, Pakistan, 25 Juli 2020.

Pedagang hewan di Pakistan menawarkan ribuan kambing secara online ketika umat Islam bersiap merayakan Idul Adha yang tahun ini berlangsung dalam pandemi virus corona.

Jutaan kambing, domba, dan sapi disembelih setiap tahun pada hari Idul Adha, hari raya kurban, salah satu dari dua hari suci umat Islam di seluruh dunia, termasuk sekitar 600 juta di Asia Selatan.

Namun pandemi ini sangat berdampak keras di India, Bangladesh serta Pakistan dan telah menutup atau membatasi pasar-pasar hewan besar karena adanya kekhawatiran akan penularan virus membuat pelanggan menghindari pasar menjelang perayaan hari Sabtu.

Suasana pasar hewan menjelang Idul Adha di tengah pandemi Covid-19 di Karachi, Pakistan, 26 Juli 2020. Foto diambil 26 Juli 2020.
Suasana pasar hewan menjelang Idul Adha di tengah pandemi Covid-19 di Karachi, Pakistan, 26 Juli 2020. Foto diambil 26 Juli 2020.

Saddid Hossain kepada AFP di ibukota Bangladesh, Dhaka mengatakan keluarganya trauma dengan meninggalnya dua pamannya akibat Covid-19 dan tidak mau mengorbankan seekor hewan. Namun ia mengatakan tetap menjalankan tradisi agamanya sehingga memilih membeli hewan kurban yang dijual secara online.

Menghadapi pasar yang sepi, peternak dan pedagang ternak telah beralih ke situs web, aplikasi, dan media sosial untuk memamerkan hewan mereka. Fahad Zariwala mempromosikan kambing seperti "007" dari peternakan di seluruh India di saluran YouTube-nya, yang memiliki lebih dari 800.000 pengikut.

Zariwala, yang berbasis di Mumbai mengatakan ia merekam video gerakan lambat dengan musik yang indah, dan itulah yang membuat kambing-kambingnya populer. [my/lt]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG