Tautan-tautan Akses

Tak Banyak Pasien, Kapal Rumah Sakit di Los Angeles Nyaris Menganggur


Kapal rumah sakit Angkatan Laut AS, USNS Mercy, di Los Angeles, 27 Maret 2020. (Foto: US Navy)
Kapal rumah sakit Angkatan Laut AS, USNS Mercy, di Los Angeles, 27 Maret 2020. (Foto: US Navy)

Sekitar sebulan yang lalu, sewaktu Los Angeles sedang berjaga-jaga karena lonjakan penularan virus corona yang berpotensi melumpuhkan kota itu, sebuah kapal rumah sakit besar milik Angkatan Laut AS yang berwarna putih perlahan memasuki pelabuhan: simbol kuat tanggapan pemerintah terhadap pandemi.

Kapal AL USNS Mercy, dengan seribu tempat tidur rumah sakit dan tanda palang merah raksasa di sisinya, disambut oleh Gubernur California Gavin Newsom dan Wali Kota Eric Garcetti. Kedua pejabat itu memberi prediksi suram bahwa Kota Los Angeles bisa segera bernasib sama seperti Kota New York, pusat penyebaran virus corona di AS. Garcetti melihat kapal itu segera menjadi rumah sakit terbesar di kotanya.

Sejak tiba pada akhir Maret, kapal Mercy telah merawat lebih dari 70 pasien non-virus corona yang menderita berbagai penyakit, mulai dari jantung dan paru-paru hingga masalah pencernaan.

Pada Kamis (30/4), hanya ada sembilan pasien di dalamnya. Sebanyak 750 anggota awak medis datang untuk memberi perawatan. Namun jika tidak ada pasien, mereka menginap di hotel setempat untuk menghindari wabah. [ps/ft]

XS
SM
MD
LG