Tautan-tautan Akses

Taiwan Perkirakan akan Terima Teknologi Kapal Selam dari AS


Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (kiri) melambaikan tangan dari kapal selam Zwaardvis dalam kunjungannya ke pangkalan Angkatan Laut Zuoying di Kaohsiung, Taiwan selatan, 21 Maret 2017. (Foto: dok).

Taiwan memperkirakan akan menyerap secara bertahap teknologi kapal selam militer Amerika karena adanya hambatan teknis dan tentangan dari saingan utamanya China, walaupun Washington bulan ini sudah setuju untuk memberikan izin bagi kontraktor Amerika memberi informasi teknologi kepada Taiwan.

Awal April, Departemen Luar Negeri Amerika setuju memberi izin pemasaran bagi para kontraktor pertahanan Amerika yang menawarkan kepada Taiwan teknologi pertahanan, kata para pejabat militer di Taipei. Taiwan berencana mengembangkan kapal selam konvensionalnya sendiri.

Washington sebelumnya melarang pengalihan teknologi demikian karena kepekaan informasi itu, kata para pakar militer di Taiwan.

“Ini pertama kalinya, para kontraktor Amerika dapat secara terbuka membicarakan hal ini dengan para kontraktor di Taiwan,” kata Andrew Yang, sekjen Dewan Pengkajian Kebijakan Mutakhir di Taiwan. “Namun, kami masih tidak tahu berapa banyak yang dapat diperoleh.” [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG