Tautan-tautan Akses

Taiwan Buru Warga Vietnam yang Diduga Menyelundup Masuk


Para petugas khusus untuk tugu peringatan Sun Yat-sen di Taipei, Taiwan, berbaris melewati rombongan wisatawan dari China. (Foto: dok).

Pihak berwenang imigrasi Taiwan telah menemukan 24 warga negara Vietnam dan masih mencari 124 lainnya yang meninggalkan kelompok-kelompok tur mereka dan diduga berusaha tinggal atau menetap di pulau yang memerintah sendiri itu secara ilegal.

Dinas Imigrasi Nasional Taiwan tidak memberi keterangan rinci mengenai apa yang sesungguhnya dilakukan para warga asing yang ditangkap itu. Mereka hanya mengatakan, keseluruhan warga negara Vietnam itu datang ke Taiwan sebagai turis Desember lalu namun melanggar ketentuan izin tinggal.

Kementerian Dalam Negeri Taiwan memerintahkan pengusutan kasus itu untuk mencegah kemungkinan terjadinya penyelundupan manusia atau perekrutan tenaga kerja secara ilegal.

Dinas Imigrasi menyerukan kepada komunitas Vietnam di Taiwan agar mengimbau mereka yang saat ini sedang diburu untuk menyerahkan diri ke pihak berwenang, untuk mendapatkan keringanan hukuman dan dipulangkan segera ke negara asal mereka.

Orang-orang yang memasuki Taiwan tanpa izin pantas bisa dikenai hukuman hingga tiga tahun penjara dan denda hingga 90.000 dolar Taiwan. Dinas Imigrasi juga memperingatkan siapa pun yang menampung para pelanggar itu bisa dikenai hukuman hingga dua tahun penjara. [ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG