Tautan-tautan Akses

Tabrak Mobil Pemadam Kebakaran, Pengemudi Tesla Ditahan


Foto yang dirilis Kepolisian Laguna Beach memperlihatkan sedan Tesla (kiri) dengan sistem kemudi otomatis (autopilot) menabrak mobil polisi, 29 Mei 2018.

Polisi mengatakan, seorang pengemudi mobil listrik Tesla, yang mengira mobilnya sedang berjalan dengan kendali otomatis (autopilot), telah menabrak bagian belakang mobil pemadam kebakaran yang sedang parkir di Kota San Jose, California.

Patroli Jalan Raya California mengatakan, mobil Tesla itu menabrak mobil pemadam kebakaran yang sedang berhenti dan lampu-lampu darurat berkedip-kedip di rute-101 kira-kira pada pukul 1 dini hari, Sabtu (25/8).

Kantor berita Associated Press melaporkan, pengemudi mobil Tesla, Michael Tran yang berusia 37 tahun mengatakan kepada polisi “saya kira sistem kendali otomatisnya sudah saya hidupkan.”

Tapi Tran kemudian ditangkap polisi karena dicurigai mengendarai mobil dalam keadaan mabuk. Surat kabar San Francisco Chronicle melaporkan dua orang petugas yang berada dalam mobil pemadam kebakaran itu tidak cedera, tapi Michael Tran dan seorang perempuan dalam mobil Tesla itu dibawa ke rumah sakit karena cedera ringan.

Sistem autopilot yang dipasang dalam mobil Tesla sedang mendapat sorotan karena adanya sejumlah kecelakaan. Pembuat Tesla mengatakan sistem autopilot itu bukan untuk menghindari tabrakan, dan pengemudi tidak bisa mengandalkan perjalanan seluruhnya pada sistem otomatis itu.

Tidak jelas apakah sistem autopilot mobil Tesla yang mendapat kecelakaan itu memang dalam keadaan hidup. Tesla mengatakan sedang menyelidiki data-data yang diperoleh dari mobil itu. [ii]

XS
SM
MD
LG