Tautan-tautan Akses

Swedia Tolak Kritik China Soal Hadiah Kebebasan Pers


Polisi di depan pintu gerbang Kedutaan Besar Swedia di Beijing, China, 14 Februari 2019. (Foto: dok).

Menteri kebudayaan Swedia telah menolak kritik dari duta besar China atas partisipasinya dalam pemberian hadiah kebebasan pers kepada seorang penerbit yang ditahan di China.

Kantor berita Swedia TT mengutip Menteri Kebudayaan Amanda Lind yang mengatakan bahwa “sebuah negara asing memberi tahu negara lain bagaimana pemerintah harus bertindak merupakan hal yang sangat serius.”

Dia berbicara beberapa jam sebelum PEN Cabang Swedia, kelompok kebebasan pers, dijadwalkan akan memberikan hadiah tahunan Tucholsky untuk Gui Minhai, salah seorang pemilik toko buku di Hong Kong yang menjual buku-buku tentang para pemimpin China.

Duta Besar China Gui Conyou mendesak PEN Swedia untuk membatalkan penghargaan bagi pria yang telah dinaturalisasi menjadi warga Swedia itu dan agar Lind tidak berpartisipasi dalam pemberian hadiah tersebut.

Dubes China itu mengatakan penghargaan itu akan “mendatangkan dampak negatif yang serius” pada kerja sama bilateral, dan “kami pasti akan mengambil tindakan balasan.” [ab/lt]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG