Tautan-tautan Akses

Swedia Tangkap Tersangka yang Rencanakan Serangan Teroris


Suasana kota Goteborg, Swedia, 17 November 2017. (Foto: dok).

Seorang pria ditangkap di Swedia bagian barat atas dugaan merencanakan serangan teroris, kata dinas keamanan negara itu, Kamis.

SAPO mengatakan, persiapan serangan yang dilakukan tersangka telah berjalan cukup lama dan memiliki kaitan internasional. Meski demikian dinas keamanan itu tidak merinci lebih jauh pernyataan mereka. Identitas tersangka juga sejauh ini belum diungkapkan.

Sejumlah penggerebekan digelar Kamis pagi di Swedia barat dan beberapa orang ditahan untuk diinterogasi.

Surat kabar The Goteborg Tidning, mengatakan penggerebekan itu berlangsung di Goteborg, kota terbesar kedua di Swedia, dan di kawasan pinggiran di sebelah utara kota itu.

Menurut Gabriel Wernstedt dari SAPO kepada harian Swedia Aftonbladet, operasi penggerebekan itu tidak ada kaitannya dengan peristiwa di Strasbourg, Perancis, yang mengakibatkan dua tewas, seorang mati otak dan 12 lainnya terluka.

Dua serangan teror telah terjadi di Swedia dalam delapan tahun terakhir. Yang terbaru, April 2017, ketika seorang pria Uzbekistan menabrakkan truk yang dicurinya ke kerumunan orang di Stockholm, menewaskan lima orang dan melukai 14 lainnya. [ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG