Tautan-tautan Akses

AS

Survei Warga AS: Obama, Clinton Bertahan sebagai Pria dan Perempuan Paling Dikagumi di Dunia


Mantan Presiden AS Barack Obama pada KTT kepemimpinan di New Delhi, India, 1 Desember 2017. (Foto: dok.)

Mantan Presiden AS Barack Obama dan mantan capres partai Demokrat Hillary Clinton tetap menjadi pria dan perempuan yang paling dikagumi oleh warga Amerika, menurut survei baru Gallup.

Hasil survei menunjukkan Obama dan Clinton berhasil mempertahankan status mereka yang telah mereka pegang selama 10 tahun terakhir, tapi dengan selisih yang tidak terlalu jauh dibandingkan survei tahun-tahun sebelumnya.

Tujuh belas persen orang-orang yang disurvei menyebutkan Obama adalah pria yang paling dikagumi di dunia, dibandingkan dengan 14 persen orang memilih Presiden Donald Trump yang menempati posisi kedua.

Clinton, yang juga mantan Menteri Luar Negeri, berhasil menggeser mantan ibu negara Michelle Obama, dengan angka 9 persen, sementara Michelle mendapat angka 7 persen.

Ini adalah 16 tahun berturut-turut hasil survei yang menunjukkan Clinton sebagai perempuan yang paling dikagumi.

Mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton berbicara di Baltimore, 5 Juni 2017.
Mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton berbicara di Baltimore, 5 Juni 2017.

Clinton telah digelari status ini 22 kali, lebih banyak daripada orang lain, disusul oleh mantan ibu negara Eleanor Roosevelt yang terpilih selama 13 kali.

Obama mendapat gelar ini sepuluh kali, di bawah mantan Presiden Dwight Eisenhower yang terpilih selama 12 kali.

Namun angka yang diperoleh Clinton dan Obama beberapa tahun terakhir tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Angka 9 persen yang diperoleh Clinton tahun ini adalah yang terendah sejak tahun 2002, yaitu 7 persen.

Sementara, angka 17 persen yang diperoleh Obama lebih rendah dari tahun lalu yang mencapai angka 22 persen tapi lebih konsisten dengan hasil-hasil survei sebelumnya.

Pria lain yang menduduki posisi lima besar adalah Paus Fransiskus, dengan angka 3 persen, Pendeta Billy Graham, dengan angka 2 persen, dan Senator John McCain, juga dengan angka 2 persen.

Oprah Winfrey menduduki posisi ketiga sebagai perempuan yang paling dikagumi dengan angka 4 persen, diikuti oleh Senator Elizabeth Warren, 3 persen dan Kanselir Jerman Angela Merkel, 2 persen. [dw]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG