Tautan-tautan Akses

Suriah: Serangan Israel di Damaskus Tewaskan Dua Warga Sipil


Sejumlah warga tampak memeriksa kerusakan pada lokasi bersejarah Citadel of Damascus, Suriah, pada 19 Februari 2023, menyusul laporan media yang menyebutkan serangan Israel pada lokasi tersebut. (Foto: Reuters/Firas Makdesi)
Sejumlah warga tampak memeriksa kerusakan pada lokasi bersejarah Citadel of Damascus, Suriah, pada 19 Februari 2023, menyusul laporan media yang menyebutkan serangan Israel pada lokasi tersebut. (Foto: Reuters/Firas Makdesi)

Israel melancarkan serangan udara terhadap daerah pinggiran selatan di ibu kota Suriah, Damaskus, pada Selasa (4/4) dini hari. Serangan tersebut menewaskan dua warga sipil dan menyebabkan sejumlah kerusakan, lapor media pemerintah.

Penduduk Damaskus mengatakan ledakan keras terdengar di ibu kota dan daerah tempat tinggal di wilayah selatan sementara stasiun televisi pemerintah Suriah melaporkan pertahanan udara Suriah berusaha menghadapi “agresi Israel” itu.

Mengutip seorang pejabat militer yang tidak disebutkan namanya, stasiun televisi pemerintah menyebutkan dua warga sipil tewas dalam serangan tersebut, dan menambahkan beberapa rudal berhasil ditembak jatuh oleh pasukan pertahanan udara Suriah sebelum mencapai target. Serangan rudal israel itu juga menyebabkan sejumlah kerusakan material.

Konflik Israel dengan Iran di Suriah meningkat dalam beberapa hari terakhir dengan empat serangan yang diluncurkan terhadap Damaskus dan provinsi Homs yang menewaskan dua penasihat militer Iran pada minggu lalu.

Beberapa jam setelah serangan terhadap wilayah Suriah tengah pada Minggu (2/4), militer Israel mengatakan pihaknya telah menembak jatuh “pesawat terbang” yang melintas dari Suriah ke dalam wilayah udara Israel. Media Israel mengatakan “pesawat terbang” itu diduga adalah sebuah drone buatan Iran.

Israel telah melancarkan ratusan serangan yang menarget bagian dari wilayah yang dikontrol oleh pemerintah Suriah dalam beberapa tahun terakhir, termasuk bandara di Damaskus dan Aleppo.

Pihak Israel mengatakan target mereka adalah kelompok militan yang berafiliasi dengan Iran, seperti Hizbullah asala Lebanon, yang telah mengirim ribuan anggota untuk mendukung pasukan Presiden Suriah Bashar Assad.

Selain bandara, Israel juga menarget pelabuhan yang berada di wilayah yang dikuasai pemerintah sebagai bagian untuk mencegah pengiriman senjata dari Iran kepada kelompok militan yang didukung Teheran, termasuk Hizbullah. ​[jm/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG