Tautan-tautan Akses

Suriah Sambut Baik Setiap Gagasan untuk Pembicaraan Damai


Utusan Perdamaian PBB-Liga Arab, Lakhdar Brahimi (Foto: dok).
Utusan Perdamaian PBB-Liga Arab, Lakhdar Brahimi (Foto: dok).

Pemerintah Suriah menyambut baik setiap gagasan yang mengarah ke pembicaraan perdamaian untuk mengakhiri pertumpahan darah di negara itu.

Pemerintah Suriah yang sedang menghadapi tekanan dari berbagai pihak menyambut baik setiap gagasan yang mengarah ke pembicaraan perdamaian untuk mengakhiri pertumpahan darah di negara itu.

Perdana Menteri Wael al-Halaqi mengatakan demikian dalam menanggapi utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi, yang mengatakan hari Minggu bahwa ia mempunyai gagasan yang dapat diterima negara-negara kuat dunia.

Brahimi mengatakan gagasan itu mengharuskan semua pihak di Suriah menghentikan permusuhan, melakukan dialog nasional, dan membentuk pemerintah transisi yang akan menyelenggarakan pemilu baru. Tetapi, gagasan tersebut tidak menyebut apa-apa mengenai nasib Presiden Bashar al-Assad, yang tampaknya telah memacetkan kemajuan pembicaraan.

Pemberontak tidak mau berunding kecuali kalau Assad meletakkan jabatan dan keluar dari negara itu. Presiden Suriah itu terus memerangi apa yang disebutnya “teroris yang didukung pihak asing.”
XS
SM
MD
LG