Tautan-tautan Akses

Sumber: Biden akan Perketat Akses Suaka di Perbatasan AS-Meksiko


Sejumlah migran bergerak menuju area dinding pembatasan di wilayah perbatasan AS-Meksiko di El Paso, Texas, pada 20 Maret 2024. (Foto: Reuters/Justin Hamel)
Sejumlah migran bergerak menuju area dinding pembatasan di wilayah perbatasan AS-Meksiko di El Paso, Texas, pada 20 Maret 2024. (Foto: Reuters/Justin Hamel)

Pemerintahan Biden akan memperketat akses suaka di perbatasan AS-Meksiko melalui sebuah peraturan baru yang bisa diterbitkan secepatnya pada Kamis (9/5), kata tiga sumber yang mengetahui masalah tersebut. Perubahan itu bertujuan untuk mengurangi penyeberangan ilegal.

Peraturan tersebut akan mengharuskan para migran untuk diperiksa pada tahap penyaringan suaka awal untuk melihat apakah mereka harus dilarang mendapatkan suaka dan segera dideportasi, kata sumber-sumber tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya dalam membahas perencanaan internal pemerintah.

Mereka menambahkan bahwa langkah tersebut tampaknya memiliki ruang lingkup yang terbatas.

Para migran akan diperiksa untuk mendapatkan suaka terkait kriminalitas dan ancaman keamanan, kata dua sumber tersebut.

Gedung Putih belum menanggapi permintaan untuk memberi komentar.

Presiden AS Joe Biden, seorang Demokrat yang kembali mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua dalam pemilu 5 November, kesulitan menghadapi jumlah migran yang memecahkan rekor melintasi perbatasan AS-Meksiko sejak menjabat pada 2021. Mantan Presiden Donald Trump, penantang Biden dari Partai Republik, telah mengecam Biden karena membatalkan kebijakan era Trump yang lebih ketat. [my/jm]

Forum

‚Äč
XS
SM
MD
LG