Tautan-tautan Akses

Sukses Strategi Kontraterorisme Baru Pakistan Tergantung Pelaksanaan


Foto anak-anak Pakistan belajar Alquran di sebuah sekolah agama di Lahore, Pakistan. Tidak ada keterangan kapan foto ini diambil. (Foto:dok)

Para pejabat kontraterorisme Pakistan akan memperkenalkan kebijakan baru untuk menanggulangi ekstresmisme di negara itu. Namun para analis mengatakan hanya pelaksanaan strategi itu secara efektif dan menyeluruh yang akan dapat membantu Pakistan memberantas ekstresmisme.

Otorita Kontraterorisme Nasional Pakistan, NACTA, yang memantau dan merekomendasikan strategi-strategi kontraekstremisme, telah menyusun strategi baru yang disebut Kebijakan Kontraekstremisme Nasional, NCEP, untuk melawan ekstresmisme dan militansi melalui reformasi sosial dan pendidikan dan memfasilitasi tata kelola yang baik.

“NCEP adalah seperangkat program dalam enam bidang dengan tujuan membangun ikatan kuat antara negara dan rakyat, memberdayakan dan mengukitsertakan kaum muda dan elemen-elemen yang terpinggirkan, mereformasi arus-arus pendidikan termasuk pendidikan agama dan menanamkan lingkungan keterbukaan dan koeksistensi,” kata Kepala NACTA, Ihsan Ghani dalam sebuah pernyataan.

Setelah disetujui pemerintah federal, kebijakan itu akan disebarkan ke provinsi untuk dilaksanakan.

Iksan Ghani mengatakan kebijakan baru itu juga akan menyarankan reformasi dalam sektor pendidikan, termasuk dalam sistem madrasah yang tersebar luas. Ribuan madrasah yang tidak terdaftar di seluruh Pakistan telah menyebabkan meningkatnya militansi di Pakistan, menurut para pakar. [ds]

XS
SM
MD
LG