Tautan-tautan Akses

Sudan Terima Peta Jalan Perdamaian Uni Afrika


Ketua Komisi Uni Afrika, Jean Ping (Foto: dok)
Ketua Komisi Uni Afrika, Jean Ping (Foto: dok)

Uni Afrika menyatakan Sudan telah menerima proposal upaya damai Uni Afrika untuk penyelesaian berbagai masalah dengan Sudan Selatan.

Uni Afrika menyatakan Sudan telah menerima peta jalan Uni Afrika untuk menghentikan kekerasan dan menyelesaikan berbagai masalah dengan negara tetangganya, Sudan Selatan.

Sebuah pernyataan Rabu larut malam menyebutkan Ketua Komisi Uni Afrika, Jean Ping menerima surat dari Menteri Luar Negeri Sudan Ali Ahmed Karti yang mengatakan Khartoum pada prinsipnya menerima rencana yang diajukan Uni Afrika pekan lalu.

Peta tersebut memberi kedua negara waktu 90 hari untuk menyelesaikan isu mereka atau menghadapi keputusan arbitrase yang mengikat. Uni Afrika menyatakan Sudan Selatan menerima rencana itu sebelumnya pekan ini.

Dewan Keamanan PBB hari Rabu mengesahkan sebuah resolusi yang meminta kedua negara agar menghentikan pertempuran dan mencapai kesepakatan mengenai minyak, perbatasan dan kewarganegaraan, atau akan menghadapi sanksi-sanksi.

Uni Afrika menyatakan sedang membuat perencanaan mengenai dimulainya kembali perundingan terkait seluruh isu yang belum diselesaikan. Perundingan-perundingan terdahulu antara kedua Sudan yang diperantarai Uni Afrika hanya menghasilkan sedikit kemajuan.

Recommended

XS
SM
MD
LG