Tautan-tautan Akses

Sudan Tetap Tuduh Sudan Selatan Bantu Pemberontak


Tentara Sudan selatan melakukan parade di ibukota Juba. Khartoum menuduh Sudan selatan membantu pemberontak di negara bagian Kordofan selatan.
Tentara Sudan selatan melakukan parade di ibukota Juba. Khartoum menuduh Sudan selatan membantu pemberontak di negara bagian Kordofan selatan.

Pemerintah Sudan telah menyatakan keadaan darurat di negara bagian Blue Nile dan mengangkat penguasa militer bagi daerah itu.

Tentara Sudan mengatakan mereka telah bertempur dengan pemberontak yang bersekutu dengan Sudan Selatan yang baru merdeka di negara bagian perbatasan yang penting.

Kantor berita negara Sudan mengatakan hari Jumat pemerintah telah menyatakan keadaan darurat di negara bagian Blue Nile dan mengangkat penguasa militer bagi daerah itu setelah pertempuran pecah Kamis malam.

Masing-masing pihak saling menuduh memancing kekerasan di kota al-Damazine. Pemerintah Sudan mengatakan hari Jumat mereka telah berhasil memukul mundur pasukan yang biasanya dipandang setia kepada Gerakan Pembebasan Rakyat Sudan, SPLM, yang dominan di Sudan Selatan.

Para saksi mengatakan rakyat melarikan diri secara massal dari al-Damazine hari Jumat.

Kerusuhan terbaru telah menimbulkan keprihatinan bahwa pertempuran antara kedua pihak sedang menyebar dari negara bagian Kordofan Selatan Sudan, yang juga terletak di perbatasan.

Pertempuran telah meruncing di beberapa daerah perbatasan sejak Sudan Selatan memproklamasikan kemerdekaan dari utara bulan Juli.

XS
SM
MD
LG