Tautan-tautan Akses

Spanyol Selamatkan 125 Migran Afrika dari Tengah Laut


Petugas penyelamat tengah membantu seorang migran untuk turun dari kapal di pelabuhan Canary Island, Spanyol, 30 Mei 2016 (Foto: dok).

Regu penolong maritim Spanyol mengatakan hari Sabtu (14/4) mereka telah menyelamatkan 125 orang migran yang berusaha menyeberangi laut pada malam hari dari Afrika dengan menumpang tiga kapal penyelundup.

Ketiga kapal kecil itu terlihat sebelum subuh hari Sabtu (15/4).

Kapal pertama, yang memuat 41 pria dan 11 perempuan dari Sub-Sahara, ditemukan oleh tim SAR tidak lama setelah tengah malam di Laut Alboran, sebelah timur Selat Gibraltar. Palang Merah mengatakan semuanya dalam keadaan sehat.

Rombongan kedua yang terdiri dari 62 pria Afrika Utara, termasuk 11 anak-anak, berjubel dalam kapal kayu ketika ditolong tidak jauh di barat Selat di Samudera Atlantik itu.

Sebelas migran lagi yang asalnya tidak diketahui diangkat dari kapal kecil di Laut Tengah setelah pesawat NATO memberitahu dinas pertolongan maritim.

Puluhan ribu migran, yang sebagian besar dari negara-negara Afrika Sub-Sahara, berusaha mencapai pantai Spanyol dan Italia dengan kapal setiap tahun.

Antara Kamis dan Jumat, 73 migran diselamatkan dari lima kapal oleh kapal-kapal Spanyol.

Hari Rabu, seorang anak perempuan berusia 10 tahun dan dua orang dewasa meninggal ketika kapal mereka terbalik ketika berusaha menyeberangi Laut Tengah ke Spanyol.

Seorang pejabat dari badan SAR Spanyol mengukuhkan keterangan lebih terperinci mengenai operasi hari Sabtu itu, dengan tidak memberi namanya sesuai dengan kebijakan badan tersebut. [gp]

XS
SM
MD
LG