Tautan-tautan Akses

SpaceX Luncurkan Misi Rahasia Zuma


Jejak asap roket SpaceX Falcon 9 terlihat di Pasadena, California, sekitar 150 mil timur dari lokasi peluncuran di Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg, 22 Desember 2017.

SpaceX meluncurkan roket ke antariksa, Minggu (7/1), membawa muatan rahasia pemerintah Amerika yang disebut Zuma, misi yang sifat dan instansi yang berada di baliknya masih misterius.

Roket Falcon 9 diluncurkan dalam kegelapan malam pukul 08.00 petang dari Cape Canaveral, Florida.

Peluncuran awalnya dijadwalkan November telah ditunda untuk memberikan kesempatan kepada SpaceX yang berbasis di California itu, meneliti kemungkinan adanya masalah pada moncong roket yang melindungi muatan.

Muatan apa yang membutuhkan kerahasiaan dan perlindungan begitu ketat masih belum diketahui.

Northrop Grumman, pembuat muatan itu, hanya mengatakan bahwa itu adalah pesanan pemerintah dan diluncurkan ke orbit rendah bumi.

SpaceX telah beberapa kali meluncurkan muatan keamanan nasional seperti itu pada masa lalu, termasuk sebuah satelit mata-mata untuk Kantor Pengintaian Nasional, dan sebuah pesawat antariksa X-37B untuk Angkatan Udara Amerika.

Siaran langsung SpaceX tidak menunjukkan liputan video Zuma setelah terpisah dari roket induk, tetapi memastikan bahwa moncong roket sudah dilepas dan muatan sedang dalam perjalanan ke orbit rendah bumi.

Setelah peluncuran itu, roket induk Falcon-9 kembali ke Cape Canaveral dan melakukan pendaratan vertikal secara mulus, disambut sorak-sorai di kantor pusat SpaceX di California. [ds/sp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG