Tautan-tautan Akses

Southwest Airlines Jelaskan Pembatalan 16.700 Penerbangan pada Akhir Tahun ke Komisi Senat AS


Para pejabat eksekutif Southwest Airlines dan pejabat serikat pekerja hadir di hadapan Komite Perdagangan Senat AS di Gedung Capitol, Washington, DC hari Kamis (9/2).
Para pejabat eksekutif Southwest Airlines dan pejabat serikat pekerja hadir di hadapan Komite Perdagangan Senat AS di Gedung Capitol, Washington, DC hari Kamis (9/2).

Para pejabat eksekutif Southwest Airlines dan pejabat serikat pekerja hadir di hadapan Komite Perdagangan Senat AS hari Kamis (9/2) untuk menjelaskan pembatalan 16.700 penerbangan Desember lalu di tengah musim liburan akhir tahun.

Dalam sebuah pernyataan kepada media sebelum sidang dengar pendapat dilakukan, Direktur Operasional Southwest Airlines Andrew Watterson bertanggung jawab penuh atas kegagalan yang menyebabkan lebih dari satu juta penumpang terdampar di bandara di seluruh AS.

“Kami yang menyebabkan kekacauan. Kami mengakuinya,” ungkapnya, yang berjanji akan mengambil tindakan untuk memastikan hal itu tidak terjadi lagi.

Casey Murray, presiden Asosiasi Pilot Southwest Airlines (SWAPA), juga dijadwalkan memberikan kesaksiannya dalam sidang tersebut. Dalam sebuah pernyataan, ia menyalahkan teknologi penjadwalan dan proses operasional maskapai yang sudah ketinggalan zaman.

Murray mengatakan, maskapai itu mengabaikan peringatan tentang sistem kuno tersebut selama bertahun-tahun dan mengatakan bahwa SWAPA sudah memperkirakan akan terjadi kekacauan pada musim liburan akhir tahun sejak sebulan sebelumnya.

Dalam pernyataan sebelum sidang dimulai, Senator Maria Cantwell, ketua Komite Perdagangan Senat AS, mengatakan dirinya sangat ingin mendengar kesaksian pilot dan bagaimana bencana itu sebenarnya dapat dihindari apabila pihak maskapai mengambil tindakan lebih awal. Ia mengatakan, komitenya akan mempertimbangkan cara untuk memperkuat perlindungan konsumen. [rd/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG