Tautan-tautan Akses

Snowden Ajukan Suaka Sementara di Rusia


Pengacara Rusia, Anatoly Kucherena mengatakan kepada media, Edward Snowden mengajukan permohonan suaka sementara di Rusia hari Selasa (16/7).
Pengacara Rusia, Anatoly Kucherena mengatakan kepada media, Edward Snowden mengajukan permohonan suaka sementara di Rusia hari Selasa (16/7).

Seorang pengacara Rusia mengatakan mantan pegawai kontrak intelijen Amerika Edward Snowden telah mengajukan permohonan suaka sementara di Rusia.

Pengacara Rusia, Anatoly Kucherena mengatakan, Snowden yang berusia 30 tahun mengajukan permohonan suaka itu hari Selasa ke Dinas Migrasi Federal Rusia, meskipun ia masih ingin nantinya ke Amerika Latin.

Snowden, yang kini telah memasuki minggu ke-empat tinggal di zona transit di bandara Moskow, sedang berusaha menghindari pengadilan Amerika atas tuduhan spionase, setelah ia membocorkan rincian program pengintaian rahasia Amerika.

Tiga negara berhaluan kiri Amerika Latin, Venezuela, Bolivia dan Nicaragua, telah menawarinya suaka. Tetapi Snowden terhalang meninggalkan Moskow setelah Amerika mencabut paspornya.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan ia tidak tahu bagaimana kasus buronan bisa demikian melelahkan. Ia mengatakan Amerika menakut-nakuti negara-negara lain agar tidak menerima Snowden. Amerika menginginkan Snowden diekstradisi untuk menghadapi tuduhan spionase.

Putin mengatakan kasus Snowden sekarang ini terkatung-katung, tetapi ia berharap Snowden akan segera bertolak ke negara lain begitu mendapat kesempatan untuk itu.

Recommended

XS
SM
MD
LG