Tautan-tautan Akses

Singapura Kembalikan Jutaan Dolar Dana Korupsi 1MDB ke Malaysia


Pengendara motor melintas di depan papan iklan 1Malaysia Development Berhad (1MDB) di proyek pembangunan Tun Razak Exchange di Kuala Lumpur, Malaysia, 3 Februari 2016.

Singapura mengembalikan dana hampir $40 juta ke Malaysia yang disita terkait dengan skandal korupsi besar-besaran yang menyebabkan pemerintahan Najib Razak digulingkan, kata polisi, seperti dikutip kantor berita AFP.

Negara-kota itu adalah salah satu dari beberapa negara yang melancarkan penyelidikan dugaan penyalahgunaan dana investasi negara Malaysia, 1MDB, dalam skema rumit yang membentang dari Asia ke Amerika.

Skandal itu - yang diduga melibatkan mantan pemimpin Malaysia Najib Razak, anggota keluarganya, dan lingkaran dalamnya – berperan penting dalam kekalahan koalisinya yang berkuasa pada pemilihan tahun lalu.

Polisi Singapura mengatakan, departemen urusan komersial mereka telah mengajukan aplikasi untuk mengembalikan sekitar S$50,3 juta ($ 37 juta) atau sekitar Rp 515,6 miliar dari uang yang disita terkait dengan 1MDB ke Malaysia, dan pengadilan telah menyetujuinya.

"Sebagian uang telah ditransfer ke Malaysia, sementara sisanya masih diproses oleh bank," kata mereka, Kamis (18/7) malam.

Polisi tidak mengatakan dari mana uang itu disita.

Departemen Kehakiman AS, yang telah menyita aset di Amerika yang diduga dibeli dengan uang 1MDB curian, yakin bahwa sekitar $4,5 miliar diambil dari dana itu. [ps/ft]

XS
SM
MD
LG