Tautan-tautan Akses

Siapa Saudara Perempuan Kim Jong Un?


Kim Yo Jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara, dalam sebuah acara di Hanoi, Vietnam, 2 Maret 2019.

Sewaktu Amerika mengkaji berita-berita tentang kesehatan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, para pejabat dan pakar mengatakan, Washington akan melanjutkan sanksi-sanksi dan kampanye untuk menekan Pyongyang.

Sementara Korea Selatan membantah banyak laporan yang berspekulasi tentang kemungkinan meninggalnya Kim dan bersikeras tidak ada "tindakan aneh" di Korea Utara, para analis memusatkan perhatian kepada Kim Yo Jong, adik perempuan Kim yang digambarkan sebagai salah satu penasihat Kim yang paling dipercaya.

"Nona Kim, jelas dalam beberapa tahun terakhir, secara perlahan dipersiapkan untuk sesuatu yang lebih besar, ” kata Harry Kazianis, Direktur Senior sebuah lembaga think tank konservatif mengenai Studi Korea.

Siapakah Kim Yo Jong? Dan mengapa dia dilihat oleh beberapa orang sebagai penggantinya yang paling mungkin, jika kesehatan Kim Jong Un memburuk?

Saudara pemimpin tertinggi Korea Utara itu baru-baru ini dipromosikan sebagai anggota pengganti oleh Komite Sentral Politbiro Partai Buruh Korea Utara yang berkuasa, yang meningkatkan jabatannya dalam hierarki kepemimpinan negara.

Sumber-sumber diplomatik memperhatikan pernyataan Kim Yo Jong pada Maret tentang hubungan AS-Korea Utara, setelah Presiden Trump mengirim surat pribadi kepada Kim Jong Un, berusaha menjaga komunikasi dan menawarkan kerja sama untuk membantu negara itu melawan pamdemi COVID-19. [ps/pp]

XS
SM
MD
LG