Tautan-tautan Akses

Sharp akan Beli Unit PC Toshiba, Terbitkan $1,8 Juta Saham Baru


Seorang turis China berjalan melewati logo Sharp terlihat di luar toko retail elektronik di Tokyo, Jepang, 30 Maret 2016.
Seorang turis China berjalan melewati logo Sharp terlihat di luar toko retail elektronik di Tokyo, Jepang, 30 Maret 2016.

Perusahaan elektronik Jepang, Sharp, akan membeli bisnis personal computer atau computer pribadi milik Toshiba, Reuters melaporkan Selasa (5/6/2018).

Selain itu, Sharp juga berencana menerbitkan $1,8 miliar saham baru untuk membeli kembali saham preferen dari bank-bank. Langkah-langkah tersebut menunjukkan pemulihan kinerja Sharp setelah berada di bawah manajemen Foxconn.

Akusisi bisnis PC senilai $36 juta menandai kembalinya Sharp ke pasar PC, meski harga PC yang rendah merefleksikan menurunnya permintaan dunia karena konsumen lebih memilih untuk membeli ponsel pintar. Sharp keluar dari pasar PC delapan tahun lalu.

Perusahaan elektronik yang bermarkas di Osaka itu bisa menggunakan fasilitas perusahaan induk, Foxconn yang perusahaan manufaktur kontrak terbesar di dunia, untuk memproduksi PC dengan biaya lebih murah, seperti yang dilakukan untuk produksi TV.

Sharp mengatakan akan membeli 80.1 persen saham Toshiba di unit PC pada 1 Oktober dan akan mempertahankan merek Dynabook.

Toshiba, yang meluncurkan laptop PC pertama di dunia pada 1985, menjual 17,7 juta PC pada puncak kejayaan tujuh tahun lalu. Penjualan PC sudah menciut hingga 1,4 juta unit saja tahun lalu. [ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG