Tautan-tautan Akses

AS

Setelah Ajudan Trump, Staf Wapres AS Positif Covid-19


Wapres AS Mike Pence berbicara di hadapan tokoh-tokoh agama di Urbandale, Iowa, Jumat (8/5).

Perjalanan Wapres Mike Pence ke Des Moines, Iowa tertunda Jumat (8/5) setelah seorang stafnya dinyatakan positif virus corona.

Pence yang ditemani oleh Menteri Pertanian Sonny Purdue dan Senator Chuck Grassley dan Joni Ernst dari Iowa, menunggu di pesawat Air Force 2 di landasan Bandara Militer Andrews di Maryland selama lebih dari satu jam, sementara berita itu mulai terdengar. Beberapa penumpang terlihat turun dari pesawat.

Selama penerbangan, seorang pejabat senior memberitahu VOA dan anggota pers lainnya di pesawat tentang hasil tes itu. Katanya, Gedung Putih sedang melacak orang-orang yang berhubungan dengan staf itu dan minta enam orang staf untuk turun dari pesawat, sebagai langkah ekstra hati-hati.

Pejabat itu juga menambahkan bahwa Wapres diuji virus corona secara teratur dan setiap hari, dan pada Jumat pagi hasil tes terhadap Pence negatif.

Juru bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany memberi konfirmasi bahwa anggota tim Wapres positif hasil tesnya ketika berlangsung briefing Gedung Putih pada Jumat.

Sebelumnya, seorang anggota AL AS yang bekerja di Gedung Putih sebagai ajudan Presiden Trump juga telah dinyatakan positif virus corona.

Sehari sebelumnya, pemerintahan Trump juga dikecam karena memblokir sebuah panduan yang telah disiapkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), yang termasuk saran khusus bagaimana membuka kembali tempat-tempat ibadah, Gedung Putih menyebut panduan itu terlalu “preskriptif dan luas.” [jm/pp]

XS
SM
MD
LG