Tautan-tautan Akses

Setelah 2 Gempa Besar, California Terus Dilanda Gempa Susulan


Pecahan nisan yang jatuh menimpa sebuah kuburan di Pemakaman Searles Valley setelah gempa kuat mengguncang Trona, California, 7 Juli 2019.
Pecahan nisan yang jatuh menimpa sebuah kuburan di Pemakaman Searles Valley setelah gempa kuat mengguncang Trona, California, 7 Juli 2019.

Para pejabat meninjau kerusakan di dua wilayah terpencil di gurun California setelah dua gempa besar mengguncang wilayah itu akhir pekan lalu, disusul ribuan getaran kecil.

Kota Ridgecrest dan wilayah di dekatnya, Trona, diguncang gempa berkekuatan 7,1 Skala Richter (SR) yang terasa di kota-kota di Gurun Mojave pada Jumat (5/7). Sehari sebelumnya, gempa berkekuatan 6,4 melanda wilayah gurun yang sama.

Kawasan itu, sekitar 240 kilometer di sebelah timur laut Los Angeles, sedang dalam pemulihan setelah gempa-gempa itu menghancurkan sejumlah bangunan, memicu kebakaran dan memadamkan listrik ribuan rumah dan bisnis.

Survei Geologi AS, Minggu (7/7), mengatakan hanya ada 1 persen kemungkinan terjadinya gempa lagi yang berkekuatan 7 SR atau lebih kuat dalam pekan depan.

Gubernur California Gavin Newsom telah menyatakan keadaan darurat di kawasan itu dan memperingatkan pemerintah daerah untuk memperkuat sistem-sistem peringatan bencana.

"Ini merupakan peringatan bagi negara bagian California dan wilayah AS lainnya," kata Newsom kepada wartawan.

Gubernur dari Partai Demokrat itu memperkirakan kerugian akibat gempa mencapai $100 juta. Dia juga mengatakan Presiden Donald Trump telah meneleponnya serta menawarkan bantuan federal untuk membangun kembali wilayah-wilayah yang terkena dampak bencana. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG