Tautan-tautan Akses

Serikat Buruh Yunani Kembali Mogok


Bandara, pelabuhan dan stasiun kereta api di Athena tutup karena aksi mogok, yang memrotes rencana reformasi dana pensiun.

Serikat-serikat buruh utama Yunani telah menyerukan pemogokan umum lagi hari ini. Mereka melakukan aksi mogok kali ini untuk memrotes pemungutan suara dalam parlemen mengenai reformasi dana pensiun.

Serikat buruh pengawas lalu lintas udara akan turut dalam pemogokan itu. Dengan demikian, semua penerbangan keluar-masuk Bandar Udara Internasional Athena akan dihentikan untuk sebagian besar hari ini. Pelabuhan dan angkutan kereta api juga ditutup dan rumah sakit akan buka hanya untuk pasien darurat.

Parlemen berencana memungut suara hari ini mengenai pemotongan tunjangan pensiun dan menaikkan usia pensiun, salah satu persyaratan bagi dana talangan ekonomi 139 milyar dolar dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional. Para anggota parlemen telah menyetujui reformasi pensiun dalam pemungutan suara sementara kemarin, untuk mengukur berapa besar dukungan pada rancangan ini.

Jajak pendapat setempat menunjukkan warga Yunani mendukung reformasi dana pensiun. Pemerintah Yunani menyebutnya sebagai bagian penting dari usaha menggairahkan kembali ekonomi Yunani, yang kini sangat lesu.

XS
SM
MD
LG