Tautan-tautan Akses

Serangan Udara Hantam Pabrik Es di Suriah, 28 Warga Sipil Tewas


Peta kawasan Deir Ezzor, Suriah.

Serangan udara menewaskan sedikitnya 28 warga sipil di provinsi Deir Ezzor, Suriah Timur, sebut organisasi pemantau HAM dan media pemerintah Suriah.

Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris menyatakan serangan Kamis malam (127), menghantam sebuah pabrik es di dekat perbatasan dengan Irak, di daerah yang dikuasai kelompok ISIS, di mana puluhan warga sipil berlindung.

Menurut organisasi tersebut, belum jelas benar apakah pesawat-pesawat dari Irak atau dari koalisi pimpinan Amerika yang memerangi ISIS yang melancarkan serangan tersebut.

Kantor berita pemerintah Suriah SANA menyalahkan pasukan koalisi pimpinan Amerika atas serangan tersebut, seraya menyatakan serangan itu menewaskan 30 orang dan mencederai banyak lainnya.

Koalisi pimpinan Amerika sebelumnya pernah melancarkan serangan-serangan terhadap daerah-daerah yang dikuasai ISIS di Suriah dan mendukung pasukan pimpinan Kurdi yang memerangi kelompok ekstremis itu. Pesawat-pesawat tempur Irak juga melancarkan serangan di Suriah Timur baru-baru ini.

ISIS telah kehilangan sebagian besar wilayah kekuasaannya di Suriah, tetapi masih mempertahankan sebagian wilayah kantong, termasuk di antaranya Deir Ezzor. [uh]

XS
SM
MD
LG