Tautan-tautan Akses

Serangan terhadap Saluran Pipa Tunjukkan Ketegangan di Niger Delta


Delta Niger, Nigeria
Delta Niger, Nigeria

Serangan terhadap saluran pipa minyak di kawasan Delta Niger yang bergejolak di Nigeria pekan lalu menimbulkan kebocoran minyak mentah ke anak-anak sungai di dekatnya dan menimbulkan kekhawatiran terjadinya pemberontakan di pusat produksi minyak di negara itu.

Senator Ben Murray-Bruce mengatakan aliran minyak dari saluran pipa yang bocor di dekatnegara bagian Bayelsa telah dihentikan. Ditambahkannya ia tidak tahu berapa banyak minyak yang telah tumpah.

Seorang juru bicara perusahaan multinasional Italia "Eni," perusahaan yang mengoperasikan saluran pipa Agip, tidak menjawab email yang minta keterangan.

Serangan pekan lalu menandai serangan kelima terhadap instalasi di Delta Niger, yang disabot awal tahun lalu,menurut Mike Karikpo, manajer program kelompok lingkungan hidup Nigeria ‘’Environmental Rights Action."

Delta Niger sebelumnya merupakan tempat terjadinya pemberontakan militan lokal yang menghendaki pembagian kekayaan minyak yang lebih besar di kawasan itu. Perjanjian amnesti tahun 2009 yang membuat pemerintah harus menyediakan latihan kerja dan gaji bulanan kepada militan, telah meredam aksi kekerasan. [em/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG