Tautan-tautan Akses

AS

Serangan Misil AS Picu Perdebatan tentang Peran Kongres


Pemimpin mayoritas Senat Mitch McConnell berbicara kepada media di gedung Capitol di Washington, DC Jumat (7/4).

Keputusan Presiden Donald Trump yang mengizinkan serangan misil jelajah terhadap pangkalan udara pemerintah Suriah telah menarik dukungan bipartisan pemimpin-pemimpin Kongres dari kedua partai politik utama Amerika – Republik dan Demokrat. Namun, sejumlah anggota Kongres dari kedua partai itu juga menyampaikan keprihatinan, dengan mengatakan jika presiden berencana meningkatkan aksi militer apapun, Kongres memiliki peran konstitusional.

Pemimpin mayoritas Senat Mitch McConnell mengatakan tindakan “yang telah dilaksanakan dengan sangat baik” itu mengirim pesan kuat pada sekutu dan sekaligus musuh Amerika bahwa “Anda tidak bisa menggunakan senjata kimia tanpa konsekuensi.”

McConnell yang juga senator dari negara bagian Kentucky mengatakan keputusan militer yang diambil Trump bisa menimbulkan dampak terhadap kebijakan lain, bukan saja Suriah.

“Amerika kembali – dalam arti memainkan peran kepemimpinan – dan berupaya konstruktif di berbagai tempat di dunia,” ujar McConnell.

Ditambahkannya serangan misil penjelajah itu bisa dibaca sebagai “pesan terhadap Iran, Korea Utara, dan Rusia, bahwa Amerika berniat kembali memimpin.” [em]

XS
SM
MD
LG