Tautan-tautan Akses

Serangan Misil AS Tewaskan 7 Militan di Pakistan


Serangan pesawat tak berawak AS menewaskan 7 militan di di daerah kesukuan Waziristan, Pakistan (foto: dok).
Serangan pesawat tak berawak AS menewaskan 7 militan di di daerah kesukuan Waziristan, Pakistan (foto: dok).

Tujuh militan tewas dalam serangan oleh pesawat tanpa awak milik Amerika di daerah kesukuan Waziristan dekat perbatasan Afghanistan, Jumat (7/6).

Pejabat-pejabat Pakistan mengatakan tujuh militan tewas dalam serangan yang diduga dilakukan pesawat tanpa awak milik Amerika di daerah kesukuan dekat perbatasan Afghanistan.

Menurut pihak berwenang, rudal-rudal menghantam kawasan perumahan Jumat malam sekitar 100 kilometer sebelah barat daya Miranshah, kota utama di distrik kesukuan di Waziristan Utara. Pejabat-pejabat Amerika belum mengomentari klaim itu.

Kematian ketujuh militan itu terjadi hanya dua hari setelah pelantikan Perdana Menteri baru Pakistan, Nawaz Sharif, yang menjabat untuk ketiga kali dan meminta Amerika mengakhiri kampanye serangan pesawat tanpa awak yang menarget militan di wilayah kesukuan.

Sejak terpilih, Sharif juga telah menyuarakan "kekecewaan mendalam" atas serangan pesawat tanpa awak milik Amerika tanggal 29 Mei yang menewaskan Wali-ur Rehman, wakil komandan kelompok militan terlarang Taliban Pakistan, dan lima orang lainnya.

Pemerintah Amerika menawarkan hadiah sampai lima juta dolar untuk informasi tentang lokasi Rehman, sedangkan pemerintah Pakistan menawarkan hadiah 500 ribu dolar untuk Rehman.

Pakistan menyuarakan kekhawatiran, serangan pesawat tanpa awak Amerika melanggar kedaulatan nasional dan membunuh warga sipil.

Recommended

XS
SM
MD
LG