Tautan-tautan Akses

Serangan di Suriah Hantam Konvoi Bahan Bakar dari Irak


Ilustrasi - Konvoi truk minyak memindahkan bahan bakar yang diproduksi di daerah yang dikuasai Kurdi, di Provinsi Hassakeh, Suriah, 4 April 2018. (AP/Hussein Malla)
Ilustrasi - Konvoi truk minyak memindahkan bahan bakar yang diproduksi di daerah yang dikuasai Kurdi, di Provinsi Hassakeh, Suriah, 4 April 2018. (AP/Hussein Malla)

Serangan udara larut malam di Suriah Timur, di sepanjang perbatasan dengan Irak, yang menarget milisi yang didukung Iran, menewaskan belasan orang, kata sejumlah aktivis oposisi Suriah, Rabu (9/11). Sementara itu, menurut dua petugas paramiliter di Irak, beberapa dari mereka yang tewas dalam serangan itu adalah warga negara Iran.

Belum jelas siapa yang berada di balik serangan itu. Militer AS, yang bersama dengan Israel pernah melakukan serangan semacam itu di masa lalu, mengatakan tidak mendalangi serangan itu dan tidak terlibat dalam serangan lainnya di al-Qaim. Militer Israel menolak untuk mengomentari insiden tersebut.

Serangan udara itu, sesaat sebelum Selasa tengah malam (8/11), menghantam truk-truk tanker yang membawa bahan bakar dan truk-truk lain yang membawa senjata untuk milisi di provinsi timur Suriah Deir el-Zour, menurut Observatorium Suriah untuk HAM yang berbasis di Inggris. Kelompok oposisi pemantau perang itu menambahkan bahwa setidaknya 14 orang, kebanyakan dari mereka adalah anggota milisi, tewas dalam serangan itu.

Peta wilayah Boukamal, Suriah dan al-Qaim, Irak.
Peta wilayah Boukamal, Suriah dan al-Qaim, Irak.

Deir Ezzor 24, sebuah kelompok aktivis, melaporkan tiga serangan udara itu menarget milisi yang didukung Iran di kota perbatasan Suriah, Boukamal dan daerah sekitarnya. Mereka tidak melaporkan apakah ada korban tewas.

Sebelumnya, anggota kelompok paramiliter Irak yang beroperasi di daerah itu mengatakan serangan udara terhadap konvoi yang membawa bahan bakar melintasi perbatasan Irak ke Suriah menewaskan sedikitnya 10 orang, Selasa malam. Serangan itu menghantam konvoi sekitar 15 truk yang menyeberang ke Suriah dekat kota al-Qaim, kata dua petugas paramiliter kepada Associated Press.

Tidak jelas dari mana konvoi itu berasal, tetapi para petugas mengatakan beberapa dari mereka yang tewas adalah warga negara Iran. Para petugas berbicara dengan syarat nama mereka dirahasiakan karena mereka tidak berwenang untuk membahas serangan itu dengan wartawan.

Siaran bahasa Inggris televisi pemerintah Iran, Press TV, Rabu pagi mengutip sumber tanpa nama yang mengklaim ada serangan terhadap konvoi truk bahan bakar yang melintas dari Irak ke Suriah di perbatasan al-Qaim. Press TV mengklaim konvoi itu membawa minyak Iran ke Lebanon melalui Suriah. [ab/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG