Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Terhadap Masjid di Kabul, Afghanistan, 4 Tewas


Warga memeriksa kondisi di dalam masjid setelah serangan bom di Kabul, Afghanistan, 12 Juni 2020. AP Photo/Rahmat Gul)

Sebuah bom meledak, Jumat (12/6) di dalam sebuah masjid di bagian barat Kabul, menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai sejumlah lainnya, kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Tariq Arian.

Arian tidak mengungkap secara rinci ledakan yang terjadi di ibu kota itu. Namun, kekerasan memang meningkat di Afghanistan dalam beberapa pekan terakhir, dan beberapa serangan yang terjadi telah diklaim dilakukan afiliasi ISIS di sana.

Sebelumnya bulan ini, seorang pelaku bom bunuh diri menyerang sebuah masjid di Kabul, menewaskan seorang imam dan delapan orang lainnya yang sedang menjalankan salat berjemaah. Belakangan ISIS mengklaim mendalangi serangan tersebut.

Amerika Serikat mengecam afiliasi ISIS atas serangan maut bulan lalu terhadap sebuah rumah sakit bersalin di Kabul, yang menewaskan dua bayi dan beberapa ibu muda.

Utusan perdamaian Washington Zalmay Khalilzad berada di kawasan itu sebelumnya bulan ini dalam usaha menghidupkan kembali kesepakatan perdamaian AS dengan Taliban, yang diperkirakan pada akhirnya akan melibatkan kelompok pemberontak tersebut dalam perang melawan ISIS dan afiliasi-afiliasinya. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG