Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Hantam Pasukan Koalisi di Afghanistan, 21 Tewas


Pasukan NATO melakukan patroli di luar pangkalan militer di Afghanistan (foto: dok). Serangan bom menghantam posko penjagaan pasukan koalisi menewaskan 21 orang (20/6).
Pasukan NATO melakukan patroli di luar pangkalan militer di Afghanistan (foto: dok). Serangan bom menghantam posko penjagaan pasukan koalisi menewaskan 21 orang (20/6).

Sedikitnya 21 orang, termasuk tiga tentara koalisi, dalam sebuah serangan atas patroli gabungan NATO dan Afghanistan di Afghanistan Timur hari Rabu (20/6).

Seorang pelaku bom bunuh diri menewaskan sedikitnya 21 orang, termasuk tiga tentara koalisi, dalam sebuah serangan atas patroli gabungan NATO dan Afghanistan di Afghanistan Timur.

Jendral Sardar Mohammad Zazai – kepala polisi tingkat propinsi memberitahu VOA, pelaku serangan menghantam posko penjagaan di mana pasukan koalisi dan Afghanistan sedang melakukan pemeriksaan biometrik atas warga di kota Khost. Ledakan terjadi di dekat sebuah pasar yang sibuk.

Kedutaan Besar Amerika di Kabul mengatakan tiga anggota NATO dan seorang penerjemah Afghanistan termasuk diantara korban tewas. Tentara koalisi itu dikatakan adalah warga Amerika.

Para pejabat Afghanistan mengatakan beberapa petugas polisi juga berada diantara korban tewas. Lebih dari 32 orang – termasuk perempuan dan anak-anak – luka-luka dalam serangan itu.

Belum ada yang mengklaim bertanggungjawab atas ledakan itu. Jaringan Haqqani yang terkait Al-Qaeda dan Taliban dikatakan aktif di propinsi Khost, yang berbatasan dengan kawasan kesukuan Waziristan Utara di Pakistan.

Kelompok militan itu telah dipersalahkan atas sejumlah serangan mematikan terhadap pasukan internasional di Afghanistan.

Sementara itu di kawasan Timur, pejabat-pejabat Afghanistan mengatakan sedikitnya enam perempuan dan anak-anak tewas hari Selasa, ketika traktor yang mereka tumpangi menggilas bom pinggir jalan di propinsi Logar.

Recommended

XS
SM
MD
LG