Tautan-tautan Akses

Serangan Bom Bunuh Diri di Somalia Tewaskan Gubernur


Kelompok militan Al Shabab

Sebuah serangan bunuh diri di bagian tengah Somalia hari Minggu (17/5) menewaskan sedikitnya lima orang, termasuk seorang gubernur, demikian ujar pejabat-pejabat Somalia pada VOA.

Gubernur kawasan administrasi Puntland, Ahmed Muse Nur, mengatakan abang dan dua penjaga keamanannya tewas setelah seorang penyerang bunuh diri yang mengendarai becak menabrak mobilnya di kota Galkayo, 600 kilometer utara Mogadishu.

Seorang warga yang berada di sekitar lokasi itu juga tewas.

Walikota Sahid Mohamud Ali mengatakan kepada VOA, gubernur Nur tewas di tempat kejadian, bersama abang dan penjaga keamanannya. “Sebuah kendaraan yang dipenuhi bahan meledak menabrak mobil gubernur,” ujar Ali.

Nur ditunjuk menjabat posisi gubernur itu pada Mei 2019 lalu. Ia sebelumnya menjabat sebagai wakil gubernur dan digambarkan sebagai tokoh politik kawakan di kawasan itu.

Kelompok militan Al Shabab mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Nur adalah gubernur kedua di wilayah administrasi Puntland yang dibunuh oleh penyerang bunuh diri dalam dua bulan ini. Pada 29 Maret lalu gubernur kawasan Nugal, Abdisalam Hassan Hersi, tewas setelah luka parah dalam serangan bunuh diri di kota Garowe. [em/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG