Tautan-tautan Akses

Sepatu Terbuat dari Botol Plastik Daur Ulang


Perusahaan rintisan San Francisco menggunakan botol plastik yang di daur ulang untuk membuat sepatu perempuan bermerek Rothy's (foto: dok).

Setiap hari, jutaan warga AS minum air dari botol plastik. Lebih dari 60 juta botol-botol itu berakhir di tempat sampah. Beberapa pengusaha Amerika mengubah sampah yang tak terurai itu menjadi sepatu perempuan. Bisa jadi ini sepatu paling ramah lingkungan di dunia.

Sebuah perusahaan rintisan San Francisco menggunakan botol plastik yang di daur ulang untuk membuat sepatu perempuan bermerek Rothy's.

“Botol-botol itu di sterilkan, dicuci dengan air panas, dipotong-potong jadi serpihan, kemudian diproses menjadi serat yang sangat lembut,” kata Roth Martin, pendiri Rothy's.

Serat-serat itu dimasukkan ke dalam mesin perajut tiga dimensi yang dirancang untuk mengurangi limbah. Kemudian hasil rajutan itu ditempel dengan sol dalam dan sol luar, yang terbuat dari karet alami. Sepatu merek Rothy's dijual on-line.

Sejak dipromosikan oleh aktris Amerika Gwyneth Paltrow tahun lalu, permintaan akan sepatu itu naik pesat.

"Kita tidak akan kehabisan botol plastik dalam waktu dekat. Jadi kami masih punya banyak pasokan, dan saya rasa itu pertanda baik bagi masa depan perusahaan kami,” imbuh Martin.

Sepatu Rothy’s dijual mulai dari harga 125 dolar. Kalau sudah usang, sepatu-sepatu itu bisa dikirim ke perusahaan mitra mereka yang akan mendaur ulangnya menjadi produk lain. [vm/ii]

XS
SM
MD
LG