Tautan-tautan Akses

Sepak Bola: AS Mungkin Punya Pelatih Baru Akhir Tahun Ini


Manajer timnas AS, Earnie Stewart, di East Rutherford, Kamis, 6 September 2018.
Manajer timnas AS, Earnie Stewart, di East Rutherford, Kamis, 6 September 2018.

Manajer tim nasional sepak bola Amerika Serikat, Earnie Stewart, mengatakan dia ingin sudah ada pelatih baru pada akhir tahun nanti. Tapi dia mengaku belum mulai proses wawancara para kandidat pelatih timnas AS, kantor berita AFP melaporkan, Kamis (6/9).

Amerika Serikat sedang merombak tim nasional mereka setelah gagal lolos ke Piala Dunia di Rusia. Beberapa perubahan termasuk menciptakan posisi Stewart sekaran dan menugaskan Dave Sarachan menjadi pelatih sementara.

Jurgen Klinsmann dipecat pada 2016 setelah dua kali kekalahan AS pada seleksi Piala Dunia. Kemudian, Bruce Arena sempat kembali melatih tapi harus menghadapi kekalahan Amerika 2-1 melawan Trinidad dan Tobago dan gagal lolos ke Rusia. Arena mundur tiga hari kemudian.

Siapa yang akan menjadi pelatih penuh saat persiapan Piala Dunia 2022 sudah dimulai, belum jelas, kata Steward mengatakan kepada wartawan menjelang pertandingan antara AS melawan Brazil pada Jumat (7/9), di Rutherford Timur, New Jersey.

Stewart mengatakan dia sudah berbicara dengan enam atau tujuh pelatih yang tertarik secara langsung atau melalui agen.

“Saya belum mewawancarai orang,” kata Steward. “Apakah saya sudah berbicara dengan orang-orang? Saya tentu sudah berbicara kepada beberapa orang.”

Stewart ingin membentuk gaya menyerang AS ala.

Stewart sudah menyusun profil kualitas apa saja yang dibutuhkan seorang pelatih baru dan nilai dari pemain Amerika dalam pembicaraan dengan 15 sampai 20 orang, termasuk mantan pelatih tim AS.

Melalui analisis Stewart, dia berkata bahwa tahap berikutnya adalah memilih kandidat dan memulai tahap wawancara, naum dia menyatakan bahwa tidak banyak yang akan diwawancarai.

Dia belum tahu apakah Sarachan akan terpilih untuk melakukan wawancara. [vp/ft]

XS
SM
MD
LG