Tautan-tautan Akses

Seoul: AS, Korsel Bersiap untuk Latihan Militer Gabungan


Tentara AD AS dari Divisi Infanteri 25 dan tentara Korsel dalam latihan militer bersama Foal Eagle di Pocheon, utara Seoul, ibu kota Korea Selatan, 25 Maret 2015. (Foto: AP)

Militer Korea Selatan mengatakan Korsel dan AS bersiap-siap untuk mengadakan latihan militer gabungan tahunannya meskipun Korea Utara memperingatkan bahwa latihan itu bisa mengganggu diplomasi nuklir yang rentan.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan latihan-latihan itu akan difokuskan untuk memverifikasi kapabilitas Seoul untuk mengambil kembali kontrol operasional pasukannya dari Washington. Kementerian itu tidak mengukuhkan berbagai laporan bahwa latihan itu dimulai Senin (5/8).

Korea Utara telah meningkatkan uji coba senjata dalam beberapa pekan terakhir sambil memperlihatkan kemarahannya atas latihan itu. Korut menganggap latihan itu sebagai latihan invasi dan memperlambat kemajuan negosiasi nuklir dengan AS.

Korut mengisyaratkan bulan lalu bahwa pihaknya mungkin akan mencabut penangguhan uji coba nuklir dan rudal jangka panjang apabila latihan militer tetap berlangsung. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG