Tautan-tautan Akses

Seorang Amerika Tewas, Seorang India Hilang di Everest


Foto Gunung Everest yang diambil pada 27 Oktober 2011.

Seorang pendaki Amerika meninggal di puncak Gunung Everest sementara seorang India dinyatakan hilang saat turun setelah sukses mendaki ke puncak gunung itu.

Murari Sharma dari Biro Ekspedisi Everest Parivar yang berbasis di ibukota Nepal, Kathmandu, mengatakan, Roland Yearwood, 50, dari Georgiana, Alabama, meninggal di gunung itu, Minggu, namun rincian kematiannya belum diketahui pasti.

Pendaki India Ravi Kamar jatuh sakit saat turun dari puncak gunung Sabtu dan tidak berhasil mencapai kamp terdekat. Menurut Biro Ekpedisi dan Treks Arun, pemandu Kamar juga sakit namun berhasil mencapai sebuah kamp. Pemandu itu mengalami radang dingin (frostbite), dan terpaksa bernafas dengan bantuan tabung oksigen, namun berhasil mencapai kamp terakhir di South Col, yang terletak di ketinggian 8000 meter.

Sebuah tim SAR terrdiri dari tiga pemandu diterbangkan dengan helikopter menuju kamp 2, di mana kemudian mereka mendaki untuk membantu mencari pendaki yang hilang.

Yearwood adalah pendaki ketiga yang tewas di Everest pada masa pendakian Musim Semi, yang dimulai Maret hingga akhir bulan ini.

Departemen Pariwisata Nepal tahun ini mengeluarkan 371 izin pendakian. Itu merupakan jumlah tertinggi yang dikeluarkan dalam satu tahun. Jumlah peminat yang meningkat tahun ini kemungkinan dikarenakan banyak orang tidak dapat melakukan pendakian pada tahun 2014 dan 2015. [ab]

XS
SM
MD
LG