Tautan-tautan Akses

Senjang Semakin Besar Antara Amerika dan Eropa Seputar Masalah Suriah


Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley saat menghadiri pertemuan di Dewan Keamanan PBB di markas besar PBB di New York, April 5, 2017. (reuters)

Sebuah senjang yang semakin besar antara pemerintahan Trump dan sekutu-sekutu Eropa seputar masa depan Presiden Bashar al-Assad dan bagaimana mengakhiri perang enam tahun di Suriah.

Sementara pejabat Amerika sudah mengalihkan fokus dan tidak menuntut Assad melepaskan kekuasaan, pemimpin-pemimpin Eropa tetap menuntut dia tidak boleh memerintah Suriah lagi. Pencopotan dirinya, kata mereka, merupakan bagian penting dari solusi terhadap konflik yang sudah menewaskan 470 ribu orang.

Menyusul serangan gas beracun Selasa di Suriah utara, serangan senjata kimia paling buruk sejak 2013, pemimpin-pemimpin Eropa mengintensifkan retorika mereka. Pada Selasa, PM Inggris Theresa May menyerukan kepada semua fihak ketiga yang terlibat agar memastikan “transisi yang menjauhi Assad berlangsung.”

Politisi Eropa berkumpul pada sebuah konferensi internasional yang diselenggarakan Uni Eropa di Brussels tentang Suriah serta mengaitkan penggunaan senjata kimia ini dengan pengalihan fokus pemerintahan Trump atas Suriah. [jm]

XS
SM
MD
LG