Tautan-tautan Akses

AS

Senator AS Peringatkan Trump untuk Tidak Pecat Mueller


Senator Mark Warner di Gedung Capitol, Washington, D.C., 29 Maret 2017. (Foto: dok).

Senator Amerika Mark Warner mengatakan, seruan yang meminta diakhirinya penyelidikan khusus oleh Robert Mueller, mengenai hubungan antara Rusia dan tim kampanye pemilu Trump, merupakan seruan yang ceroboh dan tidak bertanggung jawab.

Ia mengatakan, tindakan itu berpotensi untuk memicu krisis konstitusional.

Pada pidatonya, Rabu (20/12), di hadapan anggota Senat AS, wakil ketua Komite Intelijen Senat AS itu mengungkapkan, memecat penyidik khusus atau pejabat lain yang terlibat dalam penyelidikan tersebut tidak hanya akan mempertanyakan komitmen pemerintah terhadap kebenaran, tetapi juga terhadap konsep aturan hukum yang paling mendasar.

Warner menyatakan kekhawatiran bahwa kecaman-kecaman atas penyelidikan tersebut tampaknya terus berkembang semakin kuat dan terkoordinasi dalam beberapa pekan terakhir.

Ia mengingatkan, usaha apapun oleh presiden untuk menyingkirkan penyidik khusus Mueler dari jabatannya, atau memberi pengampunan kepada saksi-saksi penting dalam usaha melindungi melindungi mereka dari pertanggungjawaban atau menghentikan penyelidikan, merupakan penyalahgunaan kekuasaan yang berat.

Awal tahun ini, komunitas intelijen Amerika mengeluarkan laporan yang menyatakan bahwa Rusia telah ikut campur dalam pemilihan, menunjukkan preferensi untuk Trump atas kandidat Demokrat Hillary Clinton. Rusia membantah ikut campur dalam pemilihan Amerika tahun 2016 dan Trump membantah tuduhan persekongkolan apapun.

Ucapan Warner disampaikan setelah beberapa pekan terdengar desas-desus bahwa pemerintahan Trump kemungkinan akan berusaha memberhentikan Mueller dari tugas penyelidikannya. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG