Tautan-tautan Akses

Senator Amerika Ingin Bantuan Bagi Sudan Selatan Dipertahankan


Senator AS Bob Corker (tengah) dan Chris Coons, (kanan) berbicara dengan pengungsi Sudan Selatan saat berdiskusi di pemukiman pengungsi Bidi Bidi di Uganda utara, 14 April 2017.

Politisi terkemuka Amerika yang berkunjung ke Sudan Selatan mengatakan ia akan mendesak rekan-rekannya untuk mempertahankan bantuan bagi negara itu meskipun ada pemangkasan bantuan luar negeri yang diusulkan oleh pemerintahan Trump.

Senator Christopher Coons seorang senator Partai Demokrat dari Delaware yang berkunjung ke daerah Ganyiel yang dikuasai pemberontak, bekas negara bagian Unity, minggu ini, mengatakan ia terkejut mengetahui semua penduduk kota itu bergantung pada badan-badan kemanusiaan untuk mendapat makanan.

Senator itu menambahkan tidak ada jalan masuk dan keluar Ganyiel, sehingga semua peralatan dan bantuan kemanusiaan harus dikirim lewat udara yang sangat mahal.

“Kita harus menyampaikan pendapat yang lebih kuat mengapa misi tertentu PBB dan negara-negara tertentu harus diprioritaskan” kata Coon hari Senin. “Sudan Selatan saat ini memiliki masalah pengungsi terbesar dan terumit di benua dengan 54 negara itu. Saya kira harus tetap menjadi prioritas, tapi akan ada perundingan yang sulit antara Kongres dan pemerintahan Trump” kata Coons.

Sejak konflik Sudan Selatan merebak akhir tahun 2013, Amerika telah menyumbang sekurangnya satu miliar dolar bagi bantuan kemanusiaan di negara Afrika itu. Anggaran yang diusulkan oleh Presiden Amerika Donald Trump akan memangkas bantuan luar negeri Amerika sampai lebih dari 30 %. [my/al]

XS
SM
MD
LG