Tautan-tautan Akses

Senat AS Kukuhkan Cardona Sebagai Menteri Pendidikan


Calon Menteri Pendidikan AS Miguel Cardona saat memberi paparan di hadapan Komite senat untuk Kesehatan, Pendidikan, Tenaga Kerja dan Pensiun di Capitol Hill, Washington, 3 Februari 2021.
Calon Menteri Pendidikan AS Miguel Cardona saat memberi paparan di hadapan Komite senat untuk Kesehatan, Pendidikan, Tenaga Kerja dan Pensiun di Capitol Hill, Washington, 3 Februari 2021.

Senat Amerika Serikat (AS) pada Senin (1/3) mengonfirmasi Miguel Cardona sebagai menteri pendidikan. Pengukuhan itu melapangkan jalannya memimpin upaya Presiden Joe Biden untuk membuka kembali sekolah-sekolah AS di tengah pandemi virus corona.

Menteri berusia 45 tahun itu adalah seorang mantan guru sekolah negeri yang menjadi Kepala Departemen Pendidikan di negara bagian Connecticut. Para senator mengonfirmasi penunjukannya dengan suara 64-33.

Ia memimpin Departemen Pendidikan di tengah-tengah meningkatnya ketegangan di antara warga Amerika yang yakin siswa sekarang bisa aman kembali ke ruang kelas, sementara yang lainnya mengatakan risikonya masih terlalu besar.

Meskipun jabatannya memiliki kewenangan terbatas untuk memaksa pembukaan kembali sekolah-sekolah, Cardona diharapkan akan berperan penting dalam mencapai sasaran Biden membuka sebagian besar sekolah dasar, lima hari seminggu dalam 100 hari pemerintahannya.

Ia akan bertugas memandu sekolah-sekolah melalui proses pembukaan kembali sekolah dan berbagi praktik terbaik mengenai cara mengajar selama pandemi.

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika (Centers for Disease Control and Prevention/CDC) bulan lalu merilis panduan bagi siswa untuk kembali ke ruang kelas dengan aman. Kantor itu mengatakan masker, jarak sosial dan strategi-strategi lainnya harus digunakan, tetapi vaksinasi para guru bukan prasyarat bagi pembukaan kembali sekolah.

Cardona yang mendapat perhatian karena upayanya membuka kembali sekolah di Connecticut, sebelumnya bertekad untuk menjadikan pembukaan kembali sekolah sebagai prioritas utamanya.

Dalam sidang konfirmasinya di Senat bulan lalu, ia mengatakan “ada contoh yang sangat baik di seluruh Amerikamengenai sekolah-sekolah yang sudah mampu membuka kembali sekolah dengan aman”. M

XS
SM
MD
LG