Tautan-tautan Akses

AS

Selidiki Kasus Pelecehan Seksual, Fox News Hentikan Sementara Penyiar Eric Bolling


Sonia Ossorio (kedua dari kiri), Presiden Organisasi Nasional untuk Perempuan New York berbicara di luar kantor pusat News Corporation di New York, sehari setelah Fox News Channel memecat Bill O'Reilly dengan tuduhan pelecehan seksual bulan April lalu. Fox News telah memberhentikan untuk sementara penyiar Eric Bolling atas dugaan yang sama, 5 Agustus 2017. (Foto:dok)

Fox News hari Sabtu (5/8) mengatakan telah memberhentikan utuk sementara waktu Eric Bolling, salah satu penyiar program berita sore “The Specialist”, sementara menyelidiki dugaan bahwa ia telah mengirim sebuah foto cabul kepada rekan kerjanya.

Juru bicara jaringan televisi Amerika itu memastikan pemberhentian sementara Bolling dan penyelidikan tersebut dalam sebuah email.

Kabar tentang pemberhentian sementara itu muncul sehari setelah wartawan Huffington Post – yang mengutip sumber-sumber yang tidak disebut namanya – menyatakan bahwa Bolling telah mengirim sebuah foto cabul pada sedikitnya tiga perempuan rekan kerjanya di Fox News dan Fox Business.

“Klaim anonim yang tidak didukung (fakta) itu tidak benar dan sangat tidak adil,” ujar pengacara Bolling, Michael J. Bowe, dalam sebuah email. “Kami akan bekerjasama sepenuhnya dalam penyelidikan yang dilakukan sehingga Eric bisa kembali bekerja sesegera mungkin.”

Bolling adalah tokoh yang paling dikenal dalam program “The Specialist”, sebuah program yang mengudara pada jam lima pagi, setiap hari kerja. Program itu menggantikan serial “The Five” April lalu. Bolling juga menjadi pemandu utama untuk program “Cashin’ In” pada akhir pekan.

Menurut informasi di situs jaringan televisi terkenal itu, Bolling mulai bekerja di Fox News tahun 2008 setelah sebelumnya menjadi pebisnis komoditi.

Bolling adalah pendukung kuat Presiden Donald Trump. Maret lalu ia menuduh Ketua DPR Paul Ryan dan beberapa anggota Partai Republik mengkhianati presiden dengan rencana mengubah sistem kesehatan nasional.

Pemberhentian sementara itu merupakan yang terbaru dalam serangkaian gugatan terkait pelecehan seksual terhadap beberapa tokoh yang tampil di Fox News dan jaringan bisnisnya. Juli lalu, penyiar utama di Fox Business Network Charles Payne juga ditangguhkan pekerjaannya setelah suratkabar Los Angeles Times – yang juga mengutip sumber-sumber yang tidak disebutkan identitasnya – melaporkan bahwa Payne telah melecehkan seorang analis politik perempuan. Payne masih belum bekerja karena penyelidikan masih berlanjut.

Beberapa gugatan pelecehan seksual lainnya juga telah diajukan terhadap mantan bintang Fox News, Bill O’Reilly, yang dipecat April lalu setelah beberapa perempuan melaporkan telah dilecehkan.

Pendiri jaringan Fox News Roger Ailes juga mengundurkan diri pada Juli 2016 karena tuduhan pelecehan seksual. Ia meninggal dunia Mei lalu setelah terjatuh di rumahnya. (em)

XS
SM
MD
LG