Tautan-tautan Akses

Sekutu-sekutu AS di NATO Tingkatkan Anggaran Pertahanan Lebih dari 12 Miliar Dolar


Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg (kanan) bersama Presiden AS Donald Trump (kiri) dalam KTT NATO di Brussels, 25 Mei 2017. (Thierry Charlier/Pool Photo via AP).

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan, sekutu-sekutu AS diproyeksikan akan meningkatkan dana pertahanan sebesar lebih dari 12 miliar dolar, setelah Presiden Donald Trump sempat mengeluhkan bahwa mereka tidak mendongkrak anggaran militer mereka sebagaimana seharusnya.

Stoltenberg mengatakan, Rabu (28/6), para anggota NATO telah melakukan perubahan dalam anggaran pertahanan. Ia mengatakan, kebutuhan akan pertahanan meningkat dan mereka berusaha memenuhinya.

Sewaktu mengungkapkan besarnya peningkatan itu, Stoltenberg mengatakan, negara-negara Eropa dan Kanada telah meningkatkan pengeluaran hampir 46 miliar dolar selama tiga tahun terakhir.

Ia mengatakan, 25 dari 29 anggota NATO akan meningkatkan angaran pertahanan itu pada 2017.

Hanya Amerika Serikat, Inggris, Estonia, Yunani dan Polandia yang memenuhi target pengeluaran pertahanan yang dituntut NATO tahun lalu. Rumania menyatakan akan memenuhi ketentuan dua persen Produk Domestik Brutonya untuk anggaran pertahanan pada tahun ini, sementara Latvia dan Lithuania pada tahun 2018. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG