Tautan-tautan Akses

Sekutu Putin Ancam Pasokan Senjata Baru Barat ke Kyiv akan Timbulkan Malapetaka Dunia


Bantuan persenjataan, di antaranya palet peluru 155 mm, untuk Ukraina terlihat di Pangkalan Angkatan Udara Dover. Sekutu dekat Presiden Putin mengatakan pasokan senjata ofensif ke Kyiv yang mengancam wilayah Rusia akan menimbulkan bencana global. (Foto: AP)

Sekutu dekat Presiden Vladimir Putin mengatakan pada Minggu (22/1) bahwa pasokan senjata ofensif ke Kyiv yang mengancam wilayah Rusia akan menimbulkan bencana global. Langkah tersebut membuat sejumlah argumen yang menentang penggunaan senjata pemusnah massal tidak lagi valid.

Vyacheslav Volodin menghadiri parade militer Hari Kemenangan di Lapangan Merah di Moskow pada 9 Mei 2021. (Foto: AFP)
Vyacheslav Volodin menghadiri parade militer Hari Kemenangan di Lapangan Merah di Moskow pada 9 Mei 2021. (Foto: AFP)

Sekutu Barat menjanjikan pasokan senjata bernilai miliaran dolar untuk Ukraina pada pekan lalu. Namun, mereka gagal membujuk Jerman untuk mencabut hak veto atas penyediaan tank tempur Leopard buatan negara tersebut. Hak veto terkait pengiriman senjata dipegang oleh sejumlah negara anggota NATO, tetapi pengiriman tank tersebut ke Ukraina memerlukan persetujuan Berlin.

Volodin, 58, telah menjadi ketua majelis rendah negara bagian Duma sejak 2016, setelah sebelumnya memegang jabatan senior dalam administrasi kepresidenan. Sebagai anggota Dewan Keamanan Putin, dia memiliki akses rutin ke presiden.

Forum

XS
SM
MD
LG