Tautan-tautan Akses

Sektor Jasa AS Masih Alami Gangguan Rantai Pasokan


Rak-rak pada sebuah toko kelontong tampak kosong di Alameda, California, AS (foto: ilustrasi).

Sektor jasa yang besar di Amerika terus mengalami gangguan rantai pasokan pada Desember, sehingga mendorong naiknya harga, menghabiskan persediaan barang dan merugikan produksi, menurut survei industri yang diterbitkan hari Kamis (6/1).

Institute for Supply Management (ISM) mengatakan, indeks jasa turun sampai 62 persen bulan lalu, penurunan lebih besar dari yang diharapkan, tetapi tetap di atas batas 50 persen yang menunjukkan sektor ini terus berkembang.

Perusahaan yang disurvei mengeluh atas kesulitan yang mereka hadapi untuk mendapat pasokan sepanjang tahun 2021 yang tetap berlangsung pada bulan terakhir tahun ini. Hal itu memaksa bisnis mempertimbangkan langkah lebih lanjut agar tetap bertahan.

"Permintaan konsumen bagus, tetapi masalah rantai pasokan terus memburuk," kata sebuah perusahaan grosir dalam survei itu.

"Ketersediaan truk memburuk. Kekurangan tenaga kerja menyebabkan masalah. Kami bisa memperoleh lebih banyak bisnis kalau kami mempunyai lebih banyak pegawai dan barang-barang dagangan", tambahnya.

Survei tersebut mengatakan, indeks aktivitas bisnis turun tujuh poin menjadi 67,6 persen, pesanan baru turun lebih dari delapan poin menjadi 61,5 persen. Persediaan barang dan lapangan kerja keduanya turun sekitar dua poin.

Oren Klachkin dari Oxford Economics memperingatkan, sektor jasa bisa terhambat lebih lanjut karena gelombang penularan yang disebabkan varian Omicron, tetapi ia tetap berharap akan membaik. [ps/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG