Tautan-tautan Akses

Sekretaris Pers Gedung Putih Bahas Kunjungan Obama dan Dana COVID


Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki berbicara dalam konferensi pers di Gedung Putih, Washington, pada 1 April 2022. (Foto: AP/Patrick Semansky)
Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki berbicara dalam konferensi pers di Gedung Putih, Washington, pada 1 April 2022. (Foto: AP/Patrick Semansky)

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan mantan Presiden Barack Obama, pada Selasa (5/5) akan kembali ke Gedung Putih untuk menyoroti Undang-Undang Asuransi Terjangkau. Kunjungan tersebut akan menjadi yang pertama bagi Obama ke Gedung Putih sejak ia tidak lagi menjabat sebagai presiden.

Obama akan bergabung dengan Presiden Joe Biden dalam memperingati 12 tahun lahirnya undang-undang tersebut. Tempatnya dalam sejarah telah dijamin oleh tiga keputusan Mahkamah Agung dan pemungutan suara yang mengesankan oleh mendiang Senator John McCain, yang menghentikan upaya pengganti Obama, Presiden Donald Trump, untuk mencabut undang-undang itu.

Selain berbicara tentang asuransi kesehatan, Psaki mengatakan bahwa Biden dan Obama akan bertemu untuk makan siang, mengenang ritual mingguan mereka ketika Biden menjabat wakil presiden Obama.

"Mereka adalah teman sejati, bukan hanya teman Washington," ujar Psaki.

Psaki mengindikasikan bahwa kedua presiden juga akan membahas invasi Rusia ke Ukraina dan peristiwa dunia lainnya. Ia juga memberi tahu wartawan bahwa meskipun sudah tercapai kesepakatan antara para Senator dari Partai Demokrat dan Republik soal paket senilai $10 miliar untuk COVID, kesepakatan itu tidak mencapai nilai $22,5 miliar yang sebelumnya diinginkan Gedung Putih. [ka/lt]

XS
SM
MD
LG